CARA GAMPANG Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

CARA Gampang Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat – Tahukah Anda bahwa jerawat yang cukup parah dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam di wajah? Meski umumnya noda hitam bekas jerawat dapat diobati sendiri menggunakan berbagai produk rumah tangga sederhana, kemungkinan besar Anda perlu berkonsultasi dan melakukan perawatan intensif dengan dokter kulit jika kondisinya semakin parah atau tak kunjung membaik.[1] Bagi Anda yang dihantui masalah noda hitam membandel, cobalah membaca artikel ini untuk mengetahui kiat-kiat menghilangkannya!

CARA Gampang Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Metode 1 Menghilangkan Noda Hitam di Rumah !!

 

1 . Oleskan Perasan Lemon ke Bagian Kulit Yang Menghitam

Sejatinya, perasan lemon dapat dimanfaatkan sebagai obat pencerah kulit alami. Untuk itu, peras satu buah lemon segar, lalu segera oleskan ke kulit yang menghitam menggunakan cotton bud atau ujung jari.[2]
Diamkan selama 10 menit sampai teksturnya mengering. Tanpa perlu membilasnya, segeralah mengoleskan minyak pelembap seperti minyak almon, minyak kastor, minyak jojoba, atau minyak argan ke atasnya.
Ulangi proses tersebut setiap malam.
Cegah paparan langsung sinar matahari ke kulit. Jangan pula berjemur menggunakan tanning bed atau ranjang berjemur selagi menggunakan masker lemon. Melakukannya justru berisiko membuat noda hitam di kulit Anda semakin membandel.
Jika kulit Anda sangat sensitif (mudah kering dan teriritasi), campurkan perasan lemon dan minyak pelembap dengan perbandingan 1:1.
Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis atau cuka apel

2. Oleskan Campuran Madu dan Yoghurt Ke Bagian Kulit yang Menghitam

Madu dan yoghurt mengandung zat dan nutrisi yang mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawat.[3] Campurkan 2 sdm. yoghurt tawat dengan 1 sdt. madu. Sebaiknya, pilih madu lokal yang masih mentah dan berkualitas baik.
Oleskan campuran tersebut ke area yang menghitam dengan ujung jari atau cotton bud. Jika ingin, Anda juga bisa menggunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan perlahan.
Segera gunakan pelembap setelah melakukan perawatan tersebut.

3. Oleskan Vitamin C Ke Bagian Kulit yang Menghitam

Sejatinya, serum yang terbuat dari vitamin C sangatlah ampuh untuk memulihkan kondisi kulit.[4] Cobalah menghancurkan tablet vitamin C dengan dosis 250 mg, lalu campurkan dengan 1 sdm. minyak almon, minyak kastor, atau minyak argan. Oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang menghitam dengan cotton bud, atau gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah.
Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat dan keringkan perlahan.
Segera gunakan pelembap setelah melakukan perawatan tersebut.

4. Hilangkan Noda HitamDengan Aspirin

Hancurkan 2 buah tablet aspirin yang masingnya memiliki dosis 325 mg. Campurkan bubuk aspirin dengan 2 sdm. madu dan sedikit air; aduk rata hingga terbentuk pasta yang agak kental. Segera oleskan pasta tersebut ke area yang menghitam menggunakan ujung jari atau cotton bud; diaman selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat, keringkan dengan lembut, dan gunakan pelembap.

5. Gunakan Mentimun untuk Mencerahkan kulit

Elemen penyegar yang terkandung di dalam mentimun sejatinya sangatlah ampuh mencerahkan bagian kulit yang menghitam.[5] Pertama-tama, iris tipis mentimun dan letakkan di atas bagian kulit yang menghitam; diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat, keringkan dengan handuk lembut, dan gunakan pelembap.
Peran mentimun juga bisa digantikan oleh kentang.
Selain menggunakan metode di atas, Anda juga bisa menggosokkan irisan mentimun atau kentang perlahan di atas noda hitam dengan gerakan melingkar. Ulangi prosesnya hingga Anda menghabiskan setidaknya 4-5 irisan mentimun atau kentang. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat dan gunakan pelembap.

6. Oleskan Vitamin E ke Bagian kulit yang Bernoda

Buka kapsul berisi vitamin E dengan dosis 40 IU, lalu oleskan isinya langsung ke noda hitam pada wajah menggunakan ujung jari, kapas, atau cotton bud. Diamkan semalaman.
Oleh karena vitamin E merupakan pelembap alami, Anda tidak perlu mengaplikasikan pelembap setelahnya.

Metode 2 Berkonsultasi dengan Tenaga Medis Ahli

1. Berkonsultasilah dengan dokter umum

Cobalah meminta rekomendasi dokter kulit yang tepercaya dari dokter umum yang sering Anda kunjungi. Mintalah pula rekomendasi obat-obatan bebas yang bisa Anda konsumsi. Kemungkinan besar, dokter akan meminta Anda melakukan perawatan dengan obat-obatan berikut ini:[6]
Asam azelaic – suatu jenis asam natural yang ditemukan pada gandum dan kerap digunakan untuk mencerahkan atau menyamarkan noda hitam di kulit.
Krim vitamin C – mendorong proses pemulihan kulit dan pembentukan kolagen (protein yang mampu mengencangkan kulit dan membuatnya terasa lebih elastis).
Krim tretinoin + mequinol – retinoid seperti tretinoin rentan membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengikuti instruksi dokter kulit saat melakukannya.
Krim kortikosteroid – ampuh mengurangi pembengkakan dan menyamarkan noda hitam.
Asam glikolat – berfungsi untuk “mengelupas” lapisan terluar kulit dan menghilangkan noda hitam.
Opsi obat topikal lain meliputi: asam kojic (diperoleh dari jamur), arbutin (diperoleh dari buah bearberry), ekstrak akar manis (diperoleh dari tanaman akar manis), nikotinik amida (salah satu bentuk niasin), dan glukosamina N-acetyl (vitamin)

2. Berkonsultasilah Dengan Dokter Kulit yang Tepercaya

Tentukan perlu atau tidaknya melakukan perawatan kulit yang lebih ekstrem setelah mengetahui jenis noda hitam yang Anda miliki dari dokter. Ada sebuah kondisi yang dikenal dengan istilah “Hiperpigmentasi Pascapembengkakan.” Setelah jerawat muncul, kulit dapat memproduksi terlalu banyak pigmen yang mengakibatkan munculnya noda kehitaman. Kondisi tersebut sejatinya bisa dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang-orang yang berkulit gelap

3. Pertimbangkan Jenis Perawatan lain yang Ditawarkan oleh Dokter kulit Anda

Sejatinya, ada berbagai variasi perawatan kulit yang umumnya akan ditawarkan oleh dokter spesialis kulit, seperti perawatan dengan laser, operasi kulit minor, pengelupasan kimia, dan penyuntikkan filler untuk mengencangkan kulit. Seluruh perawatan tersebut bisa Anda lakukan di klinik kecantikan atau rumah sakit.[7]

Tips

Perlakukan kulit Anda dengan baik. Membersihkan kulit dengan gerakan terlalu kasar berpotensi membuat kulit semakin gelap dan/atau teriritasi.

Sumber
↑ https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/acne-scars
↑ http://www.mindbodygreen.com/0-8222/3-dark-spot-remedies-you-can-find-in-your-kitchen.html
↑ http://homeremedies.ygoy.com/2011/11/02/tips-to-clear-dark-spots-on-face/
↑ http://www.teenvogue.com/story/how-to-treat-acne-scars-and-dark-marks
↑ http://homeremedies.ygoy.com/2011/11/02/tips-to-clear-dark-spots-on-face/
↑ http://www.dermnetnz.org/colour/postinflammatory-pigmentation.html
↑ http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3461803/
↑ https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Noda-Hitam-Bekas-Jerawat