Cara Perbaiki Memory Card Smartphone yang Rusak

Cara Perbaiki Memory Card Smartphone yang Rusak, Kartu SD (SDCard) atau yang biasa disebut memori eksternal merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan saat ini. Walaupun sudah banyak gadget yang mempunyai memori internal besar, tetap saja pengguna membutuhkan memori eksternal (MicroSD) untuk menyimpan data-datanya.

86e9b542b6b82eb72c527f634309a32f

Mungkin kamu pernah mengalami masalah memori tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca pastinya akan menyulitkan kita memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut. Untuk mengatasi masalah memory card tidak terbaca di Android, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memori tersebut.

1. Membersihkan Kartu Memori
Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih.

2. Melakukan Format dari Android
Masuk ke menu Setting > Storage. Masuk ke menu Setting > Storage. Masuk ke menu Setting > Storage.

3. Cek Error dari PC
Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.

4. Format dari PC
Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android, format melalui PC.

Jika ke-4 cara di atas sudah dilakukan, tetapi masih tidak bisa, berarti memang Memory Card sudah tidak bisa digunakan, dan minta diganti. Sumber Betalk Forum Nico